Sabtu, 27 Oktober 2012

demokrasi dan pendidikan demokrasi


Nama   : Umaimah Lathifah Hanun
NIM    : 1125125707
Kelas   : Psikologi nonreg D
Tugas   : Latihan soal Bab VI

11.      Mengapa demokrasi dianut oleh banyak negara di dunia?
22.      Bandingkan pelaksanaan demokrasi zaman orde lama, orde baru, dan reformasi
33.      Jelaskan perubahan apa sajakah yang sudah dicapai dalam era reformasi
44.      Jelaskan aspek-aspek apa saja yang terkandung dalam demokrasi pancasila
55.      Jelaskan hubungan antara demokrasi dengan civil society
66.      Mengapa pendidikan demokrasi penting bagi terlaksananya nilai-nilai demokrasi.
Jawaban :
1.      Demokrasi saat ini dianut oleh banyak negara di dunia karena dianggap sebagai sebuah tatanan sosio-politik yang paling ideal dan didalamnya terdapat banyak sisi baik
2.      Orde lama : kebijakan pada pemerintah, berorientasi pada politik,semua proyek diserahkan kepada pemerintah, sentralistik,demokrasi Terpimpin, sekularisme.
Orde baru : kebijakan masih pada pemerintah, namun sektor ekonomi sudah diserahkan ke swasta/asing, fokus pada pembangunan ekonomi, sentralistik, demokrasi Pancasila, kapitalisme.
Orde reformasi : pemerintahan tidak punya kebijakan (menuruti alur parpol di DPR), pemerintahan lemah, dan muncul otonomi daerah yang kebablasan, demokrasi Liberal (neoliberaliseme), tidak jelas apa orientasinya dan mau dibawa kemana bangsa ini.
3.      - Amande­men konstitusi yang berhasil me­ma­suk­kan pasal-pasal HAM
- Me­la­kukan pembenahan pen­ting terhadap sistem ketata­ne­garaan kita.
- Adanya kebebasan berfikir
- Berbicara dan mengekspresikan diri
- Dipilihnya presiden secara langsung
- Dibentuk mahkamah konstitusi
- Dibentuknya komisi-komisi khusus untuk menggantikan DPA
- Pers bebas
- partai politik yang lebih mandiri
- pemilu lebih demokratis
- lembaga demokrasi yang lebih berfungsi
4.  a.Aspek Material (Segi Isi/Subsrtansi)Demokrasi Pancasila harus dijiwai dan diintegrasikan oleh sila-sila lainnya.Karena itulah, pengertian demokrasi pancasila tidak hanya merupakan demokrasi politik tetapi juga demokrasi ekonomi dan sosial (Lihat amandemen UUD 1945 dan penyelesaiannya dalam pasal 27,28.29,30,31, 32, 33. dan 34).
b.Aspek FormalMempersoalkan proses dan cara rakyat menunjuk wakil-wakilnya dalam badan- badan perwakilan rakyat dan pemerintahan dan bagaimana mengatur permusyawaratanwakil-wakil rakyat secara bebas, terbuka, dan jujur untuk mencapai kesepakatan bersama.
c.Aspek Normatif Mengungkapkan seperangkat norma atau kaidah yang membimbing dan menjadikriteria pencapaian tujuan.
d.Aspek Optatif Mengetengahkan tujuan dan keinginan yang hendak dicapai.
e.Aspek OrganisasiMempersoalkan organisasi sebagai wadah pelaksaan demokrasi pancasila dimana wadah tersebut harus cocok dengan tujuan yang hendak dicapai.
f.Aspek KejiwaanMenjadi semangat para penyelenggara negara dan semangant para pemimpin pemerintah.
5.      Civil Society dan demokrasi ibarat "the two side at the same coin". Artinya jika civil society kuat maka demokrasi akan bertumbuh dan berkembang dengan baik. Sebaliknya jika demokrasi bertumbuh dan berkembang dengan baik, civil society akan bertumbuh dan berkembang dengan baik. Itu pula sebabnya para pakar mengatakan civil society merupakan rumah tempat bersemayamnya demokrasi.
6.      Karena digunakan untuk mengembangkan pemerintahan yang demokratis dan membangun tatanan dan praksis kehidupan demokrasi yang baik di masa mendatang. Dengan demikian kualitas kehidupan demokrasi dalam masyarakat indonesia semakin baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar