PSIKOLOGI
DIAGNOSTIK II OBSERVASI
EVENT
RECORDING
NAMA
KELOMPOK 3 :
ANUGERAH
FAUZI (1125125388)
DENISTYA
RERY (1125125401)
FINANDA
MURTIARTHA (1125125654)
UMAIMAH
LATHIFAH HANUN (1125125707)
VEMY
HERNITA (1125125376)
YOSAFAT
NATANAEL (1125125711)
PSIKOLOGI
NON-REG D 2012
Event
Recording
Dalam
event recording (yang disebut juga sebagai event sampling), kamu mencatat
setiap contoh dari perilaku tertentu atau kejadian tertentu yang terjadi selama
observasi berlangsung. Seperti interval recording, event recording merupakan
perrcobaan tentang perilaku. Tetapi, satuan pengukuran dalam interval recording
adalah interval waktu dari perilaku target, sedangkan satuan pengukuran dalam
event recording adalah perilakunya. Dengan kata lain, kamu menunggu perilaku
yang telah dipilih (the event) terjadi dan kamu mencatatnya. Seperti interval
redording, event recording sangat berguna untuk observasi terkontrol dan riset
lab.
Major
Uses of Event Recording
Event
recording menyediakan catatan sementara secara terus menerus dari perilaku yang
diobservasi dan dengan demikian ini adalah cara sangat tepat untuk mengukur
respons berlainan yang telah jelas awal dan akhirnya. Contohnya seperti mengeja
kata dengan benar, menyelesaikan masalah, mengeluarkan respon sosial (seperti
mengatakan “halo” atau berbagi mainan”, menarik-narik baju, bertingkah agresif,
bangun dari tempat duduk, menggunakan kata-kata kotor, pergi ke toilet, makan,
memberikan pertanyaan, mengalami kejang-kejang, membuat kesalahan dalam pidato,
atau datang terlambat ke kelas.perilaku yang meninggalkan hasil yang permanen
(seperti banyaknya kata yang dieja dngan benar, banyaknya masalah yang
terselesaikan, atau banyaknya gambar) adalah hal yang mudah untuk diukur dengan
menggunakan event recording. Sebagai tambahan, jika kamu menggunakan hasil yang
menetap/permanen, kamu tidak perlu hadir ketika perilaku tertentu tersebut
terjadi. Para guru atau orangtua dapat mengumpulkan hasil permanen tersebut
untukmu.
Event recording kurang cocok untuk
perilaku tingkat tinggi atau perilaku yang berubah-ubah dalam waktu ke waktu.
Seperti contohnya, menepuk tangan adalah perilaku yang mungkin saja terjadi
sangat sering, sehingga untuk memisahkan setiap kemunculannya menjadi sulit.
Perilaku lain yang mungkin terlalu sering terjadi untuk event recording adalah
seperti gerakan menggoyang-goyangkan; gerakan sentakan cepat yang dilakukan
pada kepala, tangan, atau kaki; berlari; dan mengetuk-ngetuk benda.
Respon-respon yang mungkin menjadi panjang selama periode waktu yang berbeda dan
dapat menjadi hal yang sulit untuk direkam dengan menggunakan event recording
termasuk menghisap jempol, membaca, mendengarkan, dan interaksi agresif.
How
to Design an Event Recording
Dalam
menyusun sebuah acara rekaman Anda harus memutuskan ( a) berapa kali Anda akan
melihat anak , ( b ) panjang periode observasi , ( c ) periode waktu dimana
Anda akan melakukan pengamatan , ( d) perilaku target yang Anda akan mengamati
dan ( e ) metode pencatatan data .
Frekuensi,
panjang , dan waktu periode observasi.
Usia anak , pengaturan ,
dan alasan untuk penilaian akan mempengaruhi berapa kali Anda akan perlu untuk
mengamati anak , panjang periode observasi , dan ketika Anda harus melakukan
pengamatan . Sebuah sesi observasi dapat berlangsung dari 10 sampai 30 menit
atau bahkan lebih lama . Mengatur waktu pengamatan Anda sehingga Anda can
observe sampel yang representatif dari perilaku sasaran . Tentu mungkin,
mengamati anak lebih dari sekali dan pada waktu yang berbeda sepanjang hari .
Target
Behavior
Pilih target perilaku berdasarkan cerita yang terlebih
dahulu direkam, informasi wawancara, pertanyaan penyerahan, atau tes perilaku
anak. Saat anda menggunakan rancangan sebelum kode sistem observasional, sistem
kode tersebut akan menetapkan target perilaku.
Method
of Recording Data
Anda
dapat merekam respon dalam berbagai cara, seperti menggunakan checklist,
counter pergelangan tangan, counter tangan, counter elektromekanik, atau
perangkat mekanis lain atau mentransfer benda kecil dari salah satu saku anda
yang lain. Untuk tes paper and pencil anda dapata menggunakan berbagai metode
untuk membuat perhitungan.
metode tradisional stroke:
metode dot and line:
Untuk merekam durasi
perilaku, anda dapat menggunakan stopwatch, jam tangan, jam waktu, jam dinding
atau beberapa perangkat waktu yang lain. Jika anda ingin merekam waktu perilaku
yang terjadi dalam waktu yang tepat, anda mungkin ingin menggunakan laptop. Ada
beberapa counter yang akan merekam kedua frekuensi kejadian dan durasi. Sebagai
contoh sebuah panel counter yang memiliki beberapa tombol yang dapat digunakan,
dengan satu tombol yang di tetapkan untuk masing-masing perilaku. Anda hanya
memegang kunci dari durasi perilaku dan panel mencatat frekuensi dan durasi
frekuensi.
Quantitative
Data in Event Recording
Bagian utama dari data kuantitatif yang di poroleh dalam
rekaman kejadian adalah jumlah frekuensi, jumlah frekuensi perilaku dalam
jangka waktu tertentu. Contohnya, rekaman kejadian mungkin menghasilkan
informasi yang “Chris menggunakan 10 kata profan selama periode observasi 20
menit”. Selain frekuensi perilaku , anda dapat mengukur beberapa dimensi
perilaku lainnya dalam rekaman kejadian termasuk tingkat perilaku, durasi
intensitas perilaku, dan perilaku laten. Mari kita mempertimbangakan
masing-masing dimensi.
Rate
of Behavior
Anda mendapatkan tingkat di mana perilaku yang terjadi
selama sesi dengan membagi jumlah perilaku dengan panjang periode pengamatan.
Tingkat Perilaku = n/t
Dimana n = jumlah perilaku
T
= panjang periode pengamatan.
Misalnya, jika Jessica diamati untuk
keluar dari kursi 40 kali selama 10 menit pengamatan, tingkat perilaku akan
sebagai berikut:
Tingkat perilaku = n/t = 40/10 = 4/1
= 4 kejadian per menit
Tingkat perilaku Jessica diamati untuk
menjadi 4 kali per menit. Tingkat perilaku adalah indeks yang berguna sambil
mencatat perubahan dalam perilaku anak, terutama di pengamatan sesi panjang
berbeda.
Duration
of Behavior
Durasi perilaku dapat diperoleh dengan
mencatat seberqapa lama setiap perilau itu berlangsung dari awal hingga akhir.
Contohnya, untuk menentukan durasi amarah, saat menangis, berargumen, out-of-seat behavior, kerjasama,
saat-saat menghisap ibu jari, atau menunda kepulangan saat selesai jam sekolah.
Dalam
mengukur durasi terdapat dua jenis pengukuran durasi perilaku pertama adalah
persentase waktu perilaku itu terjadi dan durasi rata-rata dari perilaku lain.
Persentase waktu dari perilaku yang terjadi dihitung dengan membagi total
durasi perilaku dengan lamanya waktu observasi.
Persentase
waktu perilaku = d/i x100
d
= total durasi perilaku
i
= waktu pengamatan
durasi
rata-rata dari perilaku dihitung dengan membagi total durasi perilaku dengan
berapa kali perilaku itu muncul.
Rata-rata
durasi perilaku = d/e
d
= total durasi perilaku
e
= banyaknya perilaku yang muncul
Intensity
of Behavior
Kamu
dapat mendapatkan intensitas perilaku dengan cara membagi perilaku dalam
tingkat-tingkat intensitas, seperti dalam interval recording. Sebagai
contohnya, jika kamu mau mencatat intensitas dari perilaku agresif, kamu harus
mengkategorikan periaku-perilaku agresif tersebut menjadi agak agresif, agresif
sedang, dan agresif parah. Jika kamu meneliti seorang pelajar yang gurunya
telah melaporkan bahwa pelajar tersebut telah menyerahkan semua tugas tetapi
mengeluh, kamu dapat membaginya menjadi empat kategori, seperti (1) menyerahkan
tugas tepat waktu tanpa mengeluh; (2) menyerahkan tugas tepat waktu dan
mengeluh; (3) menyerahkan tugas telat tanpa mengeluh; (4) menyerahkan tugas
telat dan mengeluh. Catat secara terpisah jumlah frekuensi dari masing-masing
kategori.
Latency
of Behavior
Anda mendapatkan latency
perilaku dengan mencatat jumlah waktu yang berlalu antara isyarat yang
diberikan dan timbulnya perilaku, ini memberitahu Anda berapa lama waktu yang
dibutuhkan anak untuk memulai perilaku.
Latency biasanya diukur dengan
stopwatch, digunakan untuk menentukan waktu dari isyarat untuk terjadinya
perilaku. Tindakan Latency sangat berguna ketika Anda perlu menentukan waktu
yang dibutuhkan chikd untuk mulai obat cacing setelah instruksi telah
diberikan. Untuk mulai memenuhi permintaan, atau untuk berdiri setelah alarm
berdering (Suzler-Azaroff & Reese, 1982). Langkah-langkah Latency secara
khusus usefuk ketika Anda prihatin tentang kemampuan chikd untuk mengikuti
petunjuk (Alessi, 1998)
Advantages
of Event Recording
Rekaman acara memiliki manfaat sebagai berikut:
·
Mendeteksi
perilaku dengan tingkat rendah, terutama ketika pengamatan yang dibuat oleh
orang-orang yang biasanya dalam pengaaturan
·
Memfasilitasi
studi tentang berbagai perilaku yang berbeda dari berbagai macam peristiwa.
·
Menggunakan
waktu dan tenaga secara efisien.
·
Dapat
mengakomodasi banyak metode perkemahan yang berbeda
·
Menyediakan
informasi tentang perubahan perilaku dari waktu ke waktu dan jumlah perilaku yang
dilakukan.
Disadvantages
of Event Recording
·
Memberikan
pandangan dari urutan perilaku dengan memisahkan kondisi kejadian dimasa lalu
yang mungkin telah melewatkan hal itu
·
Tidak
mengungkapkan urutan atau pola temporal, kecuali respon waktu di catat
·
Menghancurkan
perilaku yang berkelanjutan dengan menggunakan kategori yang terbatas
·
Tidak
cocok untuk merekam perilaku yang tidak berlainan
·
Kesulitan
dalam membangun reliabilitasnya di beberapa penelitian
·
Kesulitan
dalama membangun kehandalan dari beberapa pengamat
·
Membatasi
kuantifikasi bagaimana dan mengapa terkait dengan peristiwa tersebut kecuali
jika ingin dicatat
·
Membuat
sulit dalam sesi perbandingan jika panjang periode observasi tidak konstan
Illustrations
of Event Recording
Dalam contoh berikut, peristiwa
merekam dan ukuran durasi digunakan dalam kombinasi untuk memeriksa perilaku
out-of-seat anak (Whitman, Seibak, Butler, Richter, dan Johnson, 1982).
Perhatikan bahwa reliabilitas antar pengamat menentukan.
Exercise
4-3 Event Recording Exercises
1.
Dengan
pengamat pembantu, amatilah seorang anakdi taman bermain selama 5 menit.dengan
menggunakan prosedur event recording, catatlah setiap kali anak itu terlibat
dalam suatu permainan (dalam kategori umum) dengan anak lain. Bermain dengan
anak lainnya meliputi bermain parallel, bermain kooperatif, dan bermain tidak
kooperatif, tetapi bukan bermain sendiri. Gunakan metode titik dan garis untuk
mencatat perilaku target.
Setelah
kamu selesai mencatat, tentukan level dari perjanjian interobserver dengan cara
menghitung persentase kecocokan. Hitunglah juga laju dari perilaku target.
Pertimbangkanlh
pertanyaan berikut ini dalam mengevaluasi event recordingmu :
·
Sebagaimana
jelas perilaku target yang teramati?
·
Apakah
perilaku target muncul dalam frekuensi yang cukup untuk dapat diamati?
·
Sejauh
mana kemungkinan bahwa waktu tertentu dalam suatu hari dapat mempengaruhi
perilaku anak?
·
Sejauh
mana keadaan di taman bermain dapat mempengaruhi perilaku anak?
·
Sejauh
mana perilaku target direpresentasikan oleh perilau anak selama observasi
dilakukan?
·
Bagaimana
bisa penentuan dari kategori observasional ditingkatkan?
·
Apa
yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kerepresentatifan dari sebuah
observasi??
·
Sejauh
mana perilaku seorang anak dapat mewakilkan perilaku dari teman sebayanya?
·
Jika
ada, bias apa yang dapat mempengaruhi observasi yang kamu lakukan?
Tulis satu
atau dua laporan ayat yang menjelaskan pengamatan Anda . Sertakan informasi
mengenai ( a) anak ( usia, jenis kelamin , dan karakteristik lain yang relevan
) , ( b ) pengaturan fisik di mana pengamatan berlangsung , ( c ) panjang waktu
yang Anda mengamati anak , ( d ) frekuensi perilaku sasaran ( e ) tingkat
perjanjian dengan co- observer Anda , ( f) sulit menentukan kapan perilaku
sasaran mulai dan berakhir , ( g ) apakah definisi perilaku sasaran cukup
memuaskan dan saran untuk meningkatkan definisi , dan ( h) implikasi dari
temuan tHW ( misalnya , wheter perilaku itu cocok atau tidak ).
2. ikuti prosedur umum yang sama seperti yang
dijelaskan dalam latihan 1. Terdapat beberapa 3 perilaku sasaran: bermain
soliter, bermain paralel, dan kelompok bermain. Menghitung tingkat
interobserver secara terpisah untuk masing-masing 3 perilaku sasaran.
Menghitung tingkat perilaku secara terpisah untuk setiap perilaku sasaran. Ikuti
panduan dalam latihan 1.
3. ikuti prosedur umum yang sama seperti yang
dijelaskan dalam latihan 1. Observasi 4 tipe bermain: Bermain fungsional,
bermain konstruktif, bermain dramatis, dan permainan dengan aturan. Menghitung
tingkat interobserver secara terpisah untuk mencapai target perilaku.
4.
Bandingkan catatan-catatan yang didapat
pada Latihan 1,2 dan 3. Apa perbedaan antara observasi bermain sebagai kategori
umum, seperti di Latihan 1, observasi 3 tipe bermain yang berbeda,seperti di
Latihan 2, dan observasi 12 sub tipe dari bermain, seperti di Latihan 3? Apa
tujuan dari tiap tipe catatan sediakan? Informasi apa yang anda dapat (atau
tidak dapat) dengan tiap tipe catatan? Tipe catatan mana yang lebih reliabel,
dan mengapa? Tuliskan analisis anda dalam 1 atau 2 laporan paragraf.
5. Dengan peneliti pembantu, observasilah seorang anak di tk selama
30 menit. Dapatkanlah izin dari sekolah sebelum memulai observasi ini. Pilihlah
seorang anak yang tampaknya sedang terlibat dalam perilaku yg tidak baik (perilaku
target) seperti berkelah,i mengamuk, perilaku yang menganggu atau perilaku yg
tdk kooperatif. Catat setiap waktu perilaku tidak baik itu terjadi, gunakan
metode titik dan garis.
Observasi perilaku tdk baik anak tsb mendapatkan per hatian orang dewasa dlm ruang an tsb (perilaku target). Informasi ini Akan menunjukkan beberapa indikasi dari konsekuensi dari perilaku. Catat setiap kali anak tsb mendapatkan perhatian , Gunakan metode titik dan garis. Catatanmu harus memilki ruangan utuk mencatat frekuensi dr perilaku tdk baik anak tsb dan frekuensi dr perhatian org dewasa.
Hitung tingkat presentase dr persetujuan interobserver secara Terpisah utk dua perilaku target. Hitunglah nilainya secara Terpisah untuk dua perilaku target. Ikutilah petunjuk dari exercise 1.
Observasi perilaku tdk baik anak tsb mendapatkan per hatian orang dewasa dlm ruang an tsb (perilaku target). Informasi ini Akan menunjukkan beberapa indikasi dari konsekuensi dari perilaku. Catat setiap kali anak tsb mendapatkan perhatian , Gunakan metode titik dan garis. Catatanmu harus memilki ruangan utuk mencatat frekuensi dr perilaku tdk baik anak tsb dan frekuensi dr perhatian org dewasa.
Hitung tingkat presentase dr persetujuan interobserver secara Terpisah utk dua perilaku target. Hitunglah nilainya secara Terpisah untuk dua perilaku target. Ikutilah petunjuk dari exercise 1.
6.
Ikuti prosedur umum yang sama seperti yang dijelaskan dalam Exercse 1.
Sekarang, meskipun demikian,catat lamanya waktu si anak bermain dengan
anak-anak lainnya. Gunakan stopwatch atau alat lain untuk mengukur waktu yang
berlalu. Hitunglah level dari perjanjian interobserver, waktu rata-rata dari
perilaku, dan persentase dari waktu yang dihabiskan untuk perilaku tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar