Nama :
Nurfarida Sari
Qonita aulia annisa
Umaimah Lathifah Hanun
Sharon Mailangkay
Kelas : psikologi nonreg D 2012
Information
processing
Proses
informasi adalah bagaimana kita memperhatikan,menyadari,perubahan. dalam
memproses informasi kita dapat menyimpan informasi yang didapat melalu memori.
Memori dibagi menjadi 2 macam yaitu memori jangka pendek dan memori jangka
panjang. Memori jangka pendek adalah sistem penyimpanan informasi yang hanya
dapat menyimpan dengan jumlah terbatas dan dengan jenis tertentu selama
beberapa detik. Sedangkan memori jangka panjang adalah sistem penyimpanan
informasi untuk jangka waktu yang lama. Informasi yang tidak digunakan untuk
tingkat apapun,kurangnya penyimpanan dan penggunaan tidak akan masuk kedalam memori
jangka panjang atau bisa hilang dengan cepat.
Beliefs abuot attention
Setiap
guru memastikan para siswanya mendapatkan dan memperhatikan informasi yang
disampaikan dengan baik. Untuk belajar
cara memperhatikan informasi,guru menyarankan menggunakan
prinsip-prinsip berikut :
1. Pengalaman
belajar harus menyenangkan dan memuaskan
2. Bila
memungkinkan,pelajaran harus mempertimbangkan minat dan kebutuhan siswa
3. Perhatian
peserta didik dapat diperoleh dari memanfaatkan saluran sensorik yang berbeda
4. Peserta
didik dapat hadir sesuai waktu kosong mereka
5. Peserta
didik dapat hadir ketika begitu banyak informasi pada satu waktu dll.
Belifs about short-term memory
Percaya
prinsip-prinsip berikut untuk menjadi kenyataan :
1. Kapasitas
memori jangka pendek yang terbatas
2. Informasi
dapat diingat lebih baik dengan menghubungkannya dengan apa yang siswa sudah
tau
3. Untuk
mencegah melupakan informasi baru kita harus memanipulasi atau ilmuan sebagai
kognitif mengakatan terlibat dalm aktif “latihan”
Beliefs ebout long-term memory
Seperti dicatat , informasi yang
memproses peserta didik berlebihan atau menggunakan cara yang berarti menemukan
jalan kedalam memori jangka panjang.
General beliefs about the memory proses
Keyakinan umum ahli kognitif dengan
keras untuk memori :
1. informasi
dalam memori jangka pendek hilang baik ketika memori yang kelebihan beban atau
berlalunya waktu
2. ketika
informasi dalam jangka pendek hilang,itu tidak akan pulih
3. pengambilan
atau mengingat jangka panjangdisempurnakan oleh terhubungnya informasi untuk
sesuatu yang kita sudah tahu saat kita awalnya belajar informasi baru
Pembelajaran Bermakna
Untuk membuat suatu pembelajaran
lebih bermakna untuk dapat di pahami oleh anak, terdapat beberapa pendekatan
yang meliputi:
1. Mempersiapkan siswa untuk
belajar
2. Menyediakan informasi yang
logis dan terbuka
3. Menghubungkan informasi baru
dengan pembelajaran sebelumnya
4. Memvariasi informasi yang ada
atai yang di hasilkan
5. Membuat pelajar paham untuk
meninjau kembali atau mengulang informasi kembali.
/. Proses siwa-berpikir dan
menggunakan-informasi baru.
8. Membantu siswa saat mereka
membutuhkannya.
9. Membantu siswa merangkum apa
yang dipelajari.
10. Membantu siswa menerapkan apa
yang dipelajari.
Dengan begitu siswa akan mudah
mengerti dan mampu menerapkan pengetahuan yang di ajarkan.
Pendekatan Kognitif dalam
mengajar dan belajar
Satu cara mengajar berdasarkan
arti pembelajaran disebut "belajar membeberkan" atau "belajar
menerima". Paling sering di sebut presentasi di mana guru melangsungkan
aktivitas belajar (persiapan siswa untuk belajar, informasi orang tua logis dan
terbuka, menghubungkan informasi untuk di pelajari dengan yang sudah di ketahui
siswa, dan menggunakan variasi dalam menjelaskan informasi baru). Bagaimanapun,
hal yang terpenting adalah guru menasehati dan mendukung pelajar.
Berikut ini teknik pembelajaran
yang dapat di terapkan untuk pembelajaran bermakna.
- Pembelajaran dari tulisan.
Teknik ini memberi kesan bahwa
pengetahuan lebih bermakna dan bertahan lama saat hal tersebut bisa dihubungkan,
menghasilkan, dan/atau saat anak belajar dengan aktif. Teknik ini lebih efektif
dibandingkan dengan mengatakan apa yang seharusnya anak pahami, guru memberikan
tugas agar mereka dapat belajar langsung dari lingungan mereka. Dengan teknik
ini anak akan lebih memahami pembelajaran karena anak secara langsung mencari
tahu tugas yang di berikan melalui pembelajaran dari buku, literatur, maupun
media.
Contohnya, saat guru memberikan
tugas kepada anak tentang cuaca, maka anak secara otomatis akan pergi ke perpustakaan
untuk mencari tentang meteorologi. Belajar dengan melakukan seperti teknik ini
akan membantu anak menghasilkan penemuan diri nya sendiri. Karena anak secara
langsung memperoleh pengetahuan. Teknik pembelajaran ini sama seperti konsep
pengalaman pribadi yang di alami seseorang secara pribadi dan langsung.
-Peningkatan
Anggapan menyediakan bagi pelajar
dukungan juga merupakan hal yang masuk akal. Dengan teknik ini anak akan lebih
termotivasi untuk belajar karena adanya pihak-pihak yang mendukungnya dalam
belajar seperti pihak guru maupun teman sebaya anak. Untuk itu, guru maupun
teman sebaya anak bisa membantu anak
dalam memberi petunjuk, menjelaskan, mendemonstrasikan, mempelajari sumber tambahan belajar.
Tujuannya adalah untuk menjamin siswa mengerti. Peningkatan pada anak terjadi
ketika anak memiliki persiapan untuk mempelajari suatu hal.
Reciprocal teaching
Saat melakukan pengajaran, guru sering
kali mengadakan hubungan timbal-balik saat mengajar kepada peserta didik.
Contohnya, guru sering kali menanyai murid setelaha ia selesaia menjelaskan
materi di papan tulis, agar guru tahu seberapa besar pemahaman murid atas
materi yang tadi ia ajarakan.
Problem Solving
Pendekatan lain yang dianjurkan oleh
ilmuwan kognitif adalah pemecahan masalah. Dalam pemecahan masalah membutuhkan
berbagai hal berikut: situasi dimana ada tujuan yang akan dicapai,
peserta didik diminta untuk
mempertimbangkan bagaimana mereka akan mencapai tujuannya.
Fredickson dan snowman
beranggapan bahwa terdapat dua perbedaan tipe dalam masalah. Tipe pertama
disebut dengan “well-structured” yakni masalah yang dapat
diselesaikan dengan mengingat dan
menerapkan prosedur matematika
atau ilmiah. Dan tipe kedua adalah “ill-structured”
yakni masalah yang terjadi lebih sering dalam hidup sehari-hari dan muncul
ketika mempelajari mata pelajaran
yang berorientasi pada orang seperti
psikologi atau pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar