Rabu, 20 Desember 2017

TRIP KE PHUKET 4 HARI

Assalamualaikum.. Selamat pagi kawan-kawan...

Hari ini saya akan berbagi mengenai pengalaman saya berlibur ke salah satu tempat hitss se-mancanegara, yup.. Phuket Thailand. Kebetulan saat ini saya sedang bekerja di Satun Thailand Selatan dan sedang menghadiri International Conference untuk pengajar BIPA Indonesia di Thailand. Yuk.. cuss langsung saja kita masuk ke itinerary yang saya punya.

Hari 1 :

Saya berangkat ke Phuket seperti yang saya tulis sebelumnya, yaitu bertujuan untuk menghadiri sebuah konferensi disana, saya berangkat ke Phuket bersama dengan seorang teman saya yang bekerja di Sekolah yang sama.

Saya tinggal di daerah Satun, untuk menuju Phuket ada beberapa opsi yang bisa dipilih. Antara lain dengan pesawat atau bus. Kami memilih menggunakan bus karena tarif yang ditawarkan jauh lebih murah. Jika ingin ke Phuket tidak ada bus langsung dari Satun, harus ke HatYai atau Chalung, terdapat bus AC dan non-AC. Kami memilih pergi ke Chalung dan menggunakan bus AC. Biaya yang ditawarkan untuk bus AC pemberangkatan dari Chalung sebesar 329 bath atau setara 131.600 rupiah dan memakan waktu selama 8 jam dari Chalung-Phuket. Kami berangkat dari Chalung pukul 12.45 waktu Thailand dan sampai di Phuket pukul pukul 21.30 waktu Thailand. Karena setelah sampai Phuket sudah malam kami memutuskan untuk menaiki Taksi di sekitar terminal bus, namun harga yang ditawarkan cukup mahal yakni 300 bath untuk jarak 8 km yang menurut saya sangat dekat (hehehe, maklum gamau rugi :D). Hotel kami berada di pusat kota Phuket yakni O'nya Phuket Hotel, kami sudah terlebih dahulu menyewa nya secara online dan menghubungi pihak hotel (mendapatkan harga lebih murah hehehe), harga sewa permalam nya sebesar 867 bath atau setara dengan 346.800  rupiah. Kami berangkat tanggal 19 Desember - 23 Desember 2017, kami check-in tanggal 19 Desember 2017 - 22 Desember 2017 dan berniat untuk mengganti hotel pada tanggal 23 Desember 2017 yang dekat dengan pantai (InsyaAllah).

Tanggal 20 Desember 2017
Hari pertama kegiatan kami di Prince of Songkhla University dimulai. Kami menyewa motor untuk berkeliling Phuket, penyewaan disediakan oleh pihak hotel, perhari dikenakan biaya sebesar 450 bath atau 180.000 rupiah untuk jenis motor PCX, Jika teman-teman ingin menyewa motor bisa langsung hubungi hotel yang bersangkutan. Acara inti dimulai pukul 09.00 waktu Thailand hingga pukul 17.30, selanjutnya kami mengunjungi Chillva Market Phuket pada malam hari jarak sangat dekat dengan hotel hanya 5-10 menit, disana banyak menjual makanan dan barang-barang kebutuhan sehari-hari yang harga nya cenderung murah (disarankan kalau bisa tawar dengan bahasa Thai, hehehe) dan fyi disini parkir rata-rata gratis, mau yang parkir resmi di gedung atau parkir di tempat-tempat parkir liar. Setelah dari Chillva Market kami memutuskan untuk berpetualang (ciyeee'elah) untuk mencari-cari lokasi-lokasi hitzzz yang terdekat dari posisi kita, karena sudah malam kami hanya mencari 1 tempat ternama yaitu Old Town Phuket dimana tampak dari Old Town Phuket sendiri seperti Kota Tua di Jakarta, yang membuat berbeda hanya di Phuket terlihat lebih ramai dengan cafe, live music, diskotik, butik-butik dan lampu-lampu warna-warni yang membuat Old Town terlihat lebih menarik. Old Town Phuket adalah tempat publik yang bisa dikunjungi tanpa dipungut biaya masuk. Kami berputar-putar sampai jam 21.30 waktu Thailand